Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa Kabar Sobat Iforwers dimana pun berada mungkin tentang Artikel yang satu ini sudah tidak asing lagi didengar dan pasti sudah pada tahu kan apa itu Sosial Media? Terus? kenapa ditulis? yaaa ini untuk melengkapi tugas Perkuliahan Admin Iforworld sendiri hahaha tidak apa-apakan? ya sudah dari pada banyak kata langsung saja Check it out!
Media sosial menurut Admin Iforworld adalah suatu media yang didalamnya terdapat banyak individu orang yang saling bersosialisasi. Contoh media sosial yang sering anak muda zaman sekarang gunakan yaitu Facebook, Twitter, Kaskus, Blog, dll.
Menurut Wikipedia Indonesia Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"
Media sosial juga mempunyai ciri-ciri tersendiri diantaranya:
1. Pesan yang disampaikan bukan hanya ditujukan kepada satu orang saja melainkan ke publik bisa melalui pesan SMS ataupun Internet.
2. Pesannya yang disampaikannya bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
3. Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya.
4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Media sosial yang terfavorit digunakan berdasarkan jenisnya dengan mind mapping:
Ulasan khusus:
Media sosial produk bangsa Indonesia juga banyak yang terkenal loh diantaranya:
1. Fupei
Fupei merupakan singkatan dari Friend Uniting Program Especially Indonesia bisa dikatakan salah satu jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Terdapat beragam fasilitas yang beragam yang tidak kalah dari website-website luar. Fupei punya sekitar 80.000 pengguna.
2. Koprol
Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo!. Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama user-nya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check-in dan melihat user lainya yang ada di lokasi yang sama.
3. Indoface
Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat. Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.
4. Kombes
Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.
5. Kwikku
Kwikku adalah situs jejaring sosial buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing. Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari Research Expo on Computing 2013.
6. MindTalk
MindTalk.com dipelopori oleh Robin Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti, kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif.
Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India. Semoga berhasil!
7. Sebangsa
Sebangsa.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya.
Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.
Naaahh Indonesia juga termasuk Negara Berkembang yang Keren bukan? Nah untuk lebih memajukan Bangsa Kita Sendiri ayo mulai dari sekarang CINTAILAH PRODUK-PRODUK INDONESIA, Sobat Iforwers pada postingan kali ini sampai disini saja semoga Postingannya bermanfaat, Amiin.
Wassalamu'alaikum wr. wb
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
https://www.maxmanroe.com/ini-dia-jejaring-sosial-dari-indonesia-layak-untuk-dicoba.html
0 comments:
Post a Comment